Sabtu, 14 Juli 2018

Caraku Mencari Ide Cerita



Cerita yang ku maksud kali ini adalah cerita buku. Kalau ada waktu luang atau lagi gak ada kerjaan, aku suka membaca buku. Aku lebih suka buku buku yang fiksi. Jika buku tersebut diambil dari kisah nyata, aku akan memilih buku ,hanya yang aku suka. kalau novel VS komik, aku lebih suka komik. Apalagi yang full colour. Tapi bukan berarti aku gak suka atau ogah membaca buku novel. Buku yang kurang aku suka adalah buku pelajaran . HAHAHA. Apa lagi kalau itu buku matematika.



Karena kesukaan ku atau hobi ku membaca buku, aku jadi terinspirasi untuk membuat buku ceritaku sendiri. Tapi…., gak pernah jadi. HUUAAAA. Kenapa ? karena aku suka ganti ganti ide (dicerita sebelumnya sempet aku ceritain) gimana dong.

Buat kalian yang punya tipsnya, tolong kasih tahu ya….. Sebenernya aku udah mencoba untuk focus disatu cerita dan cari ide yang berdekatan saja dengan ceritanya. Tapi ga bisaaaaa. Tetep aja ganti lagi.

Dan salah satunya juga karena cara aku menulisnya (kalo gak salah, aku udah ceritain di cerita sebelumnya) . Aku tahu kalo cara begitu mungkin bisa hilang, basah, atau robek. Ini caraku nulis cerita:


  1. Cari buku tulis yang kosong. Kalo gak ada yang isinya sedikit dan gak terlalu penting, dirobek sampe jadi buku kosong.(cara untuk yang gak punya buku tulis kosong)                                                                                       
  2. Hanya menentukan judul dan mau dijadiin novel atau komik. Gak tau kenapa, gak pernah nentuin tokoh atau pun alur cerita. Inspirasi itu akan datang saat aku mulai nulis
  3. Gak pernah bikin alur sebelum mulai nulis perbabnya
  4. Nulis nulis aja, gak pernah mikirin gimana tulisan ini nantinya
  5. Kalo idenya udah ganti maka, ganti juga bukunya begitu aja tanpa mikirin buku yang sebelumnya. 
  6. Kalo udah capek atau bosen nulis bukunya ditinggalin gitu aja, tergeletak (makanya itu bisa jadi hilang dan lain lain)
  7. Dan kalo udah selesai (tapi belum ada yang pernah selesai sih) aku kasih ibu dan gak tau habis itu ibu mau apain.


Pokoknya gitu deh. Aku sempet dibilangin ibu untuk menyelesaikan buku buku yang ga selesai itu, agar bisa diterrbitkan. Tapi aku udah gak punya ide lagi saat aku mau melanjutkan buku itu. Ibu juga bilang mendingan aku nulis cerita cerita itu di blog dulu.

Baca Juga tulisanku sebelumnya: ini Blogku


Ya…, begitulah. Tapi aku ada rencana mau buat buku lagi dan akan aku tulis di blog ini. Doain ya semoga selesai dan dapat menginspirasi.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca dan sampai ketemu di tulisan berikutnya.


💜 Alinga Ziayudi
Back to Top